Objektif.id
Beranda BERITA Civitas Menambah Generasi Lembaga Peradilan Semu Hukum Islam Mengadakan Latihan Dasar Peradilan Semu

Menambah Generasi Lembaga Peradilan Semu Hukum Islam Mengadakan Latihan Dasar Peradilan Semu

Foto bersama selepas pembukaan kegiatan. Foto: Al Izar/Objektif.id

Reporter : Al-izar
Editor : Elfirawati

Objektif.id, Kendari – Lembaga Peradilan Semu Hukum Islam (LPS-HI) Fakultas Syari’ah (FASYA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengadakan Latihan Dasar Peradilan Semu (LPDS). Jum’at, (19/11/2021).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari itu, 19-21 November 2021 yang dilaksanakan di Lab Peradilan Semu dan Desa Ambololi Kec, Konda Kab, Konawe Selatan. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Generasi yang Berpengetahuan Radikal, Beradab, Berjiwa Sosial yang Berlandaskan Hukum Islam”

Laode Darmanto selaku Ketua Panita, mengungkapkan alasan mereka mengangkat tema tersebut, karena kurangnya para mahasiswa yang berfikir secara radikal atau ke akar-akarnya dan mendalam untuk memahami keilmuan hukumnya. Dan juga masih ada beberapa mahasiswa yang kurang beradab dan agar dapat berjiwa sosial yang berlandaskan hukum Islam.

“Berangkat dari pengalaman ketika meninjau kualitas pemahaman mahasiswa syariah bahwasanya, masih banyak yang belum mengakar atau radikal memahami keilmuan hukumnya dan masih banyak mahasiswa yang kurang beradab,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembina LPSH-HI, Asrianto Zainal mengatakan, dengan berproses di LPS-HI ini bisa dapat menjalankan perannya dan dapat mewujudkan mimpinya sebagai mahasiswa fakultas syariah.

“Anda bisa menyalakan peran-peran anda, yang kemudian hari mungkin Allah mewujudkan mimpi-mimpi anda, baik kemudian menjadi hakim, menjadi polisi, atau kemudian menjadi pengacara,” kata Asrianto dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, dia juga berharap dengan adanya LPS-HI ini bisa melahirkan mahasiswa yang ahli dalam bidang hukum.

“Betul-betul kita berharap LPS ini bisa menghadirkan sosok-sosok yuris yang bukan, punya kapasitas interpol yang baik tetapi juga integritas yang baik,” harapnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Umum LPS-HI Jeklin dermawan, berharap kepada mahasiswa Fakultas Syari’ah yang mengikuti latihan dasar agar dapat menyelesaikannya sampai akhir.

“Saya berharap kepada setiap adik-adik yang mengikuti rekrutmen ini setiap tahapnya diselesaikan semua,” harap Jeklin.

Jeklin menjelaskan ketika para peserta ini lulus sebagai anggota LPS-HI, para pengurus akan menyediakan berbagai macam materi teori. Maupun praktek dan semoga para calon anggota itu mempunyai antusias tinggi. agar dapat mengikuti setiap materi yang diberikan.

admin

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *