Objektif.id
Beranda Metro Memperingati 1 Muharram 1444 H, Mahasiswa KKN saling Berkolaborasi mengadakan Perlombaan

Memperingati 1 Muharram 1444 H, Mahasiswa KKN saling Berkolaborasi mengadakan Perlombaan

Ketgam : Suasana perlombaan

Reporter : Asrinawati Azizah
Editor : Al-Izar

Objektif.id, Bombana – Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1444 H Mahasiswa kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Mengadakan kolaborasi antar dua posko yaitu posko 111 (desa mulaeno) dan posko 113 (desa paria) untuk menyelenggarakan lomba. Jum’at 29/7/2022.

Kegiatan yang bertemakan “Rekonsiliasi Semangat kerja sama dari generasi awal untuk menyambut bulan Muharram” itu melibatkan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebagai peserta dalam perlombaan tersebut, dan lomba itu laksanakan mulai 29 Juli 2022 – 30 Juli 2022..

Adapun SD yang terlibat di dalamnya, SDN 45 Malaeno dan SDN 51 Muladno Kec. Poleang Tengah, Kab Bombana, Provinsi Sulawesi tenggara.

Marsella selaku Koordinator Desa (Kordes) posko 113 mengatakan bahwa, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun jiwa semangat generasi muda Yang berada di desa tersebut agar mampu memahami pentingnya bekerjasama.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini, itu adalah kegiatan dalam menyambut 1 muharram dengan maksud untuk dapat membangun jiwa semangat generasi muda agar mampu memahami pentingnya bekerjasama dalam segi apapun contoh nya dalam perlombaan seperti yang kami adakan hari ini”,ucapnya.

Meskipun kegiatan ini hanya dalam lingkup antar sekolah dasar akan tetapi anak-anak disana sangat antusias dalam menyambut perlombaan ini di sebabkan kegiatan perlombaan baru lagi diadakan setelah masa pandemi.

“Saya lihat juga antusias adek-adek tadi sangat besar karena mungkin baru lagi di adakan perlombaan seperti itu meskipun dalam lingkup antar sekolah karena beberapa tahun atau 2 tahun belakangan tidak di laksanakan karena adanya kendala covid”. sambungnya.

Sementara itu Rafli Tahir selaku Koordinator Desa (kordes) Posko 111 mengatakan, Tujuan di adakan Lomba tersebut untuk kembali membangun jiwa Solidaritas, silaturahmi, dan kerja sama antar sesama, yang di bangun sejak dini.

Tidak hanya Perlombaan saja yang dilakukan dalam kegiatan itu, ada juga pawai yang melibatkan masyarakat umum dan para siswa sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

“Untuk hari Jum’at yaitu kegiatan olahraga dan memulihkan kembali semangat solidaritas, silaturahmi, dan kerja sama antar sesama siswa adapun hari Sabtu kegiatan yaitu pawai untuk menyabut bulan Muharram dengan masyarakat umum, melibatkan sekolah SD, SMP, dan SMA, setelah kegiatan pawai kembali kepada lomba akademik yang di lakukan siswa SD”.katanya.

Dan untuk di malam harinya juga itu ada ceramah yang di bawakan langsung oleh Ustadz H. Darmawangsa Jafar S.Ag, yang berkerjasama dengan Remaja Masjid Desa mulaeno.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dan generasi muda lebih mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang terbingkai dengan syariat Islam atau dalam hal moderasi beragama

“Untuk harapan singkat saja yaitu dengan adanya kegiatan ini masyarakat dan generasi muda lebih mempererat tali silaturahmi dan kerja sama tapi di bingkai syariat Islam atau dalam hal moderasi beragama”.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *