Objektif.id
Beranda BERITA Civitas Peringati Hari Mangrove Sedunia, Mahasiswa KKN IAIN Bersama Komunitas GSI Tanam 1000 Bibit Bakau

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Mahasiswa KKN IAIN Bersama Komunitas GSI Tanam 1000 Bibit Bakau

Reporter: Iksan Muhammad
Editor : Rizal Saputra

Bombana, Objektif.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bersama Komunitas Global Sosial Indonesia (GSI) tanam 1000 Bibit Bakau pada tiga lokasi di Kecamatan Poleang, kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Minggu (24/07/22).

Kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati Hari Mangrove Sedunia, yang mana merupakan kegiatan kolaborasi dari 3 posko KKN di Kecamatan Poleang, diantaranya Posko 107 Kel. Boepinang, Posko 108 Kel. Boepinang Barat dan Posko 109 Desa Pallimae.

Partisipan yang ikut andil dalam proses penanaman bibit bakau terdiri dari mahasiswa, anak sekolah dan masyarakat yang bermukim di daerah sekitar Penanaman.

Ketua Panitia kegiatan Nurul Haq mengatakan bahwa, selain untuk memperingati hari mangrove sedunia, kegiatan ini juga dilaksanakan karena melihat kondisi lingkungan pesisir laut dari tiga daerah tersebut perlu dilindungi.

“Jadi Kegiatan ini kami usung karena melihat Program KKN kami bertepatan dengan hari bakau sedunia, selain itu kegiatan ini kami adakan karena melihat kawasan pesisir pantai yang ada disini cukup memprihatinkan,” kata Nurul Haq saat ditemui di lokasi Penanaman (24/07/22).

Dia juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan bisa memberikan perlindungan ekosistem laut yang ada di sekitar pantai.

“Harapan saya atas kegiatan ini, semoga penanaman ini berhasil dan sukses sehingga kedepannya mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat Dan bisa memberikan perlindungan ekosistem laut yang ada di sekitaran pantai tersebut” harapnya.

Senada dengan itu, Founder GSI, Abdul Haris juga berharap atas adanya penanaman 1000 bibit bakau ini mampu menciptakan suasana lingkungan yang baik, khususnya di daerah pantai dan sekitarnya, karena hal itu akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat setempat.

“Harapan kami, Lingkungan kita itu khususnya laut itu bisa lebih baik, kalau lingkungan nya baik, mangrove nya baik dan sehat, itu mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena Kemungkinan suatu saat kami akan bangun wisata mangrove disini,” Tukasnya.

Koordinator Kecamatan (Korcam) Poleang mahasiswa KKN IAIN Kendari Muh. Arsal juga berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan manfaat terhadap Lingkungan pantai yang lebih baik lagi.

“Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan dapat memberikan manfaat dalam berbagai sektor yang menunjang keberlangsungan kehidupan, terutama dalam pemanfaatan nya yaitu mencegah abrasi laut, menjadi tempat hidup biota laut, mampu menahan badai dan angin, memberikan penyerapan karbondioksida dan menjaga kualitas air dan udara.” Harap Korcam Poleang itu.

admin

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *