Objektif.id
Beranda INTERPRETASI Opini 4 Keuntungan Besar Menjadi Mahasiswa

4 Keuntungan Besar Menjadi Mahasiswa

Ilustrasi. Foto: ist

Penulis : Tesa ASN.

Tak terasa ujian akhir sudah dekat dan kawan-kawan sudah akan disibukan dengan belajar pra-ujian terkhususnya kepada siswa(i) Sma/Smk/Ma kelas dua-belas (XII). Mungkin saat ini sedang kebingungan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memilih untuk menundanya dengan alasan mencari pengalaman terlebih dahulu atau bisa jadi terkendala oleh ekonomi.

Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) mendata tingkat pengangguran berdasarkan pendidikan. Penyumbang terbanyak jatuh kepada tamatan sekolah menengah atas/kejuruan mulai dari 2016 (8,72%-11,11%),2017 (7,03%-9,27%),2018 (8.11%-9,6%),2019 (7,09%-7,2%),2020 (9,86%-13,55%),dan 2021 (9,06%-11,13%) tidak sedikitpun mengalami penurunan yang signifikan.

Namun,Kawan-kawan jangan risau disini saya akan berbagi keuntungan menjadi mahasiswa berdasarkan pengalaman yang saya lihat dan rasakan sendiri. Guru di sebuah universitas (Dosen) selalu mengatakan kepada para mahasiswa baru (Maba) bahwa pelajaran yang di dapat di bangku perkuliahan hanya 10% saja dan sisanya dapat meluangkan waktu yang dimiliki entah itu ikut organisasi/komunitas maupun kerja paruh waktu (Part-Time). Itulah contoh besar keuntungan menjadi mahasiswa, adapun keuntungan lainnya sebagai berikut.

1. Relasi
Relasi adalah hubungan/kenalan banyak berbagai kalangan usia. Jika kawan, telah masuk dalam dunia kampus tentu saja kalian akan mendapatkan teman baru lagi yang berasal dari berbagai daerah di indonesia. Sisi positifnya relasi ini akan sangat berguna di masa depan untuk masuk di dunia kerja terlebih jika kalian berorganisasi. Dalam dunia kerja prestasi akan kalah daripada orang yang memiliki orang dalam.

2. Beasiswa
Kawan,sudah tak asing lagi mendengar kata beasiswa dan tentunya paling ditunggu-tunggu. Di Perguruan Tinggi (PT) ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan mulai dari beasiswa kemendikbud (KIP), prestasi, bank, kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan masih banyak lagi. Bagi yang belum beruntung mendapatkan beasiswa kalian jangan khawatir, kalian dapat mengajukan pernyataan penurunan biaya kuliah (UKT) melalui pihak kampus dimana kalian menempuh pendidikan. Jangan ragu untuk bertanya, singkirkanlah rasa gengsimu yang dapat membuatmu kehilangan kesempatan yang ada.

3. Gelar
Mendapatkan sebuah gelar adalah salah satu kebanggan yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri apalagi jika melihat nama berdampingan dengan gelar baik itu gelar sarjana,magisters,ataupun doktor. Selain relasi gelar juga dapat mempermudah kalian di dunia kerja nantinya. Bonus daripada gelar itu adalah menjadi daya tarik tersendiri untuk kalian. Kalian akan terkenal dan dianggap hebat dalam masyarakat.

4. Kebebasan
Teruntuk kawan-kawan yang telah bosan menjalani dunia pendidikan di tempat yang sama terus dan ingin merasakan menempuh pendidikan di tempat lain (Merantau). Meskipun disayangkan harus berpisah dari keluarga,namun disisi lain tentunya ada kesenangan dibalik hal itu karena kalian dapat bebas melakukan apa saja tanpa ada yang melarang dan mengatur tak seperti pada saat kalian tinggal bersama keluarga. Dan yakin 100% pesan keluarga terhadap kalian hanya mengingatkan untuk fokus kuliah dan menjaga kesehatan.

Nah, kawan! itulah sederet keuntungan yang kalian dapatkan jika menjadi mahasiswa semoga hal ini dapat menjawab semua rasa kebingungan dan kebimbangan yang kalian miliki. Berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak agar tidak tersesat di jalan setan.

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *