Objektif.id
Beranda INTERPRETASI Opini Lihatlah Dirimu : Siapa Normal, Siapa Gila?

Lihatlah Dirimu : Siapa Normal, Siapa Gila?

Ilustrasi

Objektif.id – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) biasanya berada di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) namun, tak jarang juga berkeliaran bebas di pinggir-pinggir jalanan. Kenapa bisa ODGJ ini berkeliaran bebas tanpa pengawasan? well, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa istilah ODGJ masih sangat tabu untuk dibicarakan di masyarakat Indonesia yang mayoritas masih menganut kepercayaan leluhur mereka. Misalnya, jika membicarakan isu Mental Health/Kesehatan Mental sering dipandang sebelah mata dan bahkan selalu dikaitkan dengan hal-hal supranatural sehingga dalam proses pengobatannya pun cenderung didiagnosis sendiri kemudian mempercayakannya kepada ahli dukun dan pemuka agama di daerah setempat.

Kenapa pengidap ODGJ tidak dibawa ke RSJ? karena pertama, Malu, dengan membawa si pengidap ini ke RSJ sering diasumsikan bahwa hal ini merupakan tindakan yang memalukan yang tentunya berakibat diketahui orang lain. Dan kedua, Expensive/Mahal, biaya rujuk ke RSJ terbilang cukup mahal bahkan untuk sekedar berkonsultasi kepada pihak kesehatan profesional seperti Psikiater tidak tanggung-tanggung biayanya minimal dari ratusan ribu rupiah – jutaan ribu rupiah. Mungkin jika yang mengalami peristiwa seperti ini adalah orang dari kalangan kelas atas tentu saja mereka akan mendapatkan pengobatan yang mumpuni. Namun, apa jadinya jika yang mengalaminya orang dari kalangan kelas menengah kebawah? tidak lain ada pilihan selain menjalani pengobatan non-medis atau secara tradisional.

Kembali ke pertanyaan pertama, penyebab dari ODGJ ini berkeliaran bebas di jalanan tanpa adanya pengawasan. Hal ini terjadi karena timbulnya kekhawatiran yang berlebihan dari pihak keluarga terkait, mereka tak jarang melakukan tindakan yang terbilang ekstrem dengan mengurung pengidap ODGJ ini di sebuah kamar, di gudang, dan ruangan lainnya yang jauh dari jangkauan orang luar. Di dalam ruangan inilah bukannya diberikan obat agar sembuh malah dijadikan tak ayalnya seorang tahanan kriminal kelas kakap yang dirantai dan dipasung. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dalam kurun waktu 2019-2022 tercatat sekiranya ada 18.077 pengidap ODGJ yang dipasung.

Ternyata tindakan tersebut juga dilakukan oleh orang-orang profesional dibidangnya. Beberapa RSJ di seluruh dunia dalam menangani pasien ODGJ dalam hal ini pasien yang tiba-tiba mengamuk mereka akan membiusnya kemudian, pasien tersebut dimasukkan ke sebuah ruangan yang mirip seperti sel penjara setelah itu mereka akan meninggalkan pasien tersebut begitu saja dalam posisi terikat. Tindakan ini biasa disebut dengan pengisolasian. Jadi, tidak mengherankan jika ada sebuah berita yang menayangkan pasien RSJ yang kabur dan akhirnya mereka berkeliaran bebas di jalanan.

Di jalan pun para ODGJ ini juga tidak merasa aman. Sebuah proyek dari Standing Committee On Public Health Center For Indonesian Medical Students’ Activities (SCOPH CIMSA) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melakukan kegiatan di 2019 lalu, salah satunya dengan melakukan Social Experiment akan respon masyarakat jika berpapasan dengan ODGJ di jalanan. Dalam Social Experiment tersebut mengungkapkan bahwa ternyata ada berbagai macam bentuk reaksi dari orang-orang saat berpapasan dengan ODGJ ada yang hanya sekedar mengabaikan, memaki, mengejek, mengusir, merasa kasihan namun tidak melakukan apa-apa dan bahkan ada yang sampai melakukan tindakan kekerasan kepada ODGJ ini.

Sungguh sangat miris sekali jika menjadi penyandang ODGJ, hidup namun tidak merasa hidup. Jauh di alam bawah sadar mereka, mereka merasa kesakitan dan tersiksa. Mereka juga ingin hidup bebas, ingin disayangi, ingin dipedulikan, ingin dicintai layaknya sebagaimana manusia. Perlu diketahui bahwa mayoritas ODGJ dulunya seperti orang lain pada umumnya dan karena suatu hal lah yang membuat mereka kemudian mengidap ODGJ. Jadi, ayo!! teman-teman kita membangun kesadaran diri siapa yang benar-benar layak dimanusiakan.

Penulis : Tesa. ASN
Editor: Redaksi

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *