Objektif.id
Beranda INTERPRETASI Opini Apakah Harus PNS Agar Bisa Menjadi Menantu Idaman?

Apakah Harus PNS Agar Bisa Menjadi Menantu Idaman?

Ketgam: Foto Ilustrasi

Objektif.id – Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah sekumpulan aparatur sipil negara yang bertugas didalam sebuah kementerian/lembaga. Menjadi PNS adalah profesi yang didambakan oleh setiap orang di Indonesia. Dalam perekrutan menjadi PNS banyak tes yang perlu kita lewatkan,antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),Tes Intelegensi Umum (TIU),dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tentu semua itu harus dilewati dengan memenuhi passing grade berdasarkan sebuah instansi/lembaga.

Pegawai negeri atau pegawai negeri sipil adalah orang yang dipekerjakan oleh lembaga pemerintah untuk memberikan pelayanan publik. Sebagai profesi, pegawai negeri merupakan jabatan yang ditempuh melalui jenjang karier dan bukan berdasarkan pemilihan umum yang melibatkan suara rakyat.

Kehidupan masa sekarang selalu banyak anggapan yang selalu kita dengarkan ditengah masyarakat dan terutama mahasiswa. Hal yang sering kita dengarkan adalah harus menjadi PNS agar bisa menjadi menantu idaman. Tentu saja hal ini menjadi tekanan bagi pemuda dan generasi (mahasiswa) sekarang,karena menjadi PNS tidaklah mudah,terlebih lagi persaingan dalam dunia kerja akan semakin ketat diera sekarang.

Oleh karena itu,mahasiswa jangan risau dan takut apabila tidak menjadi PNS. Sebagai mahasiswa harus kita buang anggapan bahwa letak keberhasilan seseorang ketika sudah menjadi seorang PNS. Jika hal ini terus dipikirkan, sampai mana mahasiswa mau sukses jika berpikir seperti itu.

Ada beberapa hal yang menguatkan bahwa tidak harus menjadi PNS agar bisa menjadi menantu idaman :

1. Pekerjaan Bisa Didapatkan Dimana Saja

Jika kita bisa memahami potensi diri kita,maka kita bisa mendapatkan peluang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan potensi yang kita miliki. Misalnya bagi mahasiswa yang memiliki potensi jurnalistik maka bisa menjadi wartawan,reporter,bahkan pembawa acara disalah satu stasiun televisi. Begitu juga mahasiswa yang berbakat di bidang dakwah bisa menjadi pemuka agama yang banyak dihormati.

2. Menjadi PNS Banyak Memiliki Kredit/Cicilan.

Hal ini dapat kita temukan dimana saja. Yakin dan percaya orang yang berprofesi sebagai PNS pasti tidak jauh dengan utang,kredit,dan cicilan.

3. Mengikuti Gaya Hidup Hedon

Hedon adalah gaya hidup yang bermewah-mewah. Tentunya menjadi PNS banyak tunjangan yang didapatkan,hal inilah membuat gaya hidup PNS berlebihan. Misalnya,ada rekan kerjanya yang membeli mobil mewah,pasti dia juga ingin membelinya walaupun mengutang dimana-dimana.

4. Gaji Pokok PNS Lebih Kecil Daripada Pegawai Bank

Berdasarkan beberapa survei terhadap PNS, ternyata mereka mengaku loh gaji pokok yang mereka dapatkan bahkan lebih kecil daripada menjadi teller bank swasta. Gaji PNS bisa tinggi, itu semua juga berkat usaha PNS itu sendiri. Penghasilan tambahan mereka bisa mendapatkannya dari honor kegiatan, perjalanan dinas, tunjangan jabatan, dan tunjangan yang berbeda dari tiap Kementerian atau lembaga.

Penulis: Muh Iqbal Ramadhan
Editor: Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *