Objektif.id
Beranda BERITA Civitas IAIN Kendari Gelar UMPTKIN, Prodi PAI Kembali Menjadi Favorit

IAIN Kendari Gelar UMPTKIN, Prodi PAI Kembali Menjadi Favorit

Ketgam: Pelaksanaan UMPTKIN di IAIN Kendari. Foto: Nanda Wulandari

Kendari, Objektif.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyelenggarakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) yang dimulai pada hari Senin, 29 Mei – 8 Juni 2023.

Pelaksanaan UMPTKIN ini terhitung akan terlaksana selama 7 hari, dan untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, IAIN Kendari telah menyiapkan dua ruang ujian serta perangkat yang sesuai dengan spesifikasi aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UMPTKIN, mulai dari perangkat komputernya sampai dengan jaringan yang digunakan.

Humas IAIN Kendari, Lili Ulfia mengatakan bahwa berdasarkan website UMPTKIN, jumlah pendaftar UMPTKIN di IAIN Kendari adalah 874 orang dan juga terdapat beberapa ribu peminat yang tersebar pada beberapa lokasi di PTKIN yang ada di Indonesia.

“Untuk dionsite IAIN Kendari jumlah pendaftarnya 874 orang, tapi untuk jumlah peminatnya ada sekitar 2000 lebih itu datanya ada di website, yang tersebar di 59 lokasi PTKIN di Indonesia,” Katanya, Senin (29/5/2023).

Dia juga mengatakan bahwa pendaftar UMPTKIN pada tahun 2023 ini didominasi oleh pendaftar dengan pilihan Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pilihan terbanyak.

“Yang paling banyak pendaftarnya itu masih Pendidikan Agama Islam sama seperti tahun lalu, tetapi untuk prodi terbanyak ke 2 pendaftarnya itu di Manajemen Bisnis Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tapi sudah jadi favorit, yang pendaftar terbanyak ke 3 adalah Perbankan Syariah,” Sambungnya.

Selain itu, salah satu peserta UMPTKIN, Nurlian mengatakan bahwa citra kampus Islam yang melekat pada IAIN Kendari merupakan faktor utama dirinya untuk memilih mendaftar disini.

“Lingkungannya bagus, kampus ini kan syariah, kita bisa belajar agama lebih dalam disini. Makanya saya pilih IAIN Kendari untuk mendaftar kuliah,” Ujarnya.

Dia juga berharap agar nantinya bisa lulus di pilihan pertamanya yaitu Prodi PAI, guna meningkatkan lagi pengetahuan agama Islamnya dengan belajar di IAIN Kendari.

“Saya suka belajar agama jadi saya harap sekali bisa lulus dipilihan pertamaku,” Harapnya.

Reporter: Nanda Wulandari
Editor: Redaksi

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *