Objektif.id
Beranda INTERPRETASI Opini Paradigma Berpikir Mahasiswa Stroberi

Paradigma Berpikir Mahasiswa Stroberi

Ketgam: Foto Ilustrasi

Objektif.id – Paradigma dalam disiplin intelektual adalah cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir, bersikap, dan bertingkah laku. Paradigma adalah sebuah anggapan, pemikiran, ungkapan, ataupun kerangka berpikir daripada manusia. Tentunya paradigma ini berbicara tentang sudut pandang berbagai elemen masyarakat ataupun mahasiswa. Terkadang paradigma dapat memiliki konteks yang negatif dan positif tergantung siapa yang beropini.

Mahasiswa adalah sekumpulan orang yang mengenyam pendidikan disalah satu perguruan tinggi disuatu negara. Mahasiswa terbilang sangat penting dalam elemen kampus, karena merekalah salah satu elemen utama dalam membawa perubahan dalam kampus dengan prestasi yang mereka miliki. Maka tidak heran mahasiswa disebut Agen Of Change dalam diri mereka.

Dewasa ini, kita selalu mendengarkan istilah “Generasi Stroberi”. Melansir dari laman website Bfi, Generasi stroberi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena generasi muda saat ini dimana mereka memiliki banyak ide cemerlang dan kreativitas yang tinggi namun ketika diberi sedikit tekanan mereka menjadi mudah hancur dan lembek layaknya stroberi. Hal inilah yang menjadikan generasi sekarang terbilang miris, akibat tidak siap menerima segala preassure (tekanan).

Tentunya, ada hal menarik yang harus kita saksikan seksama terhadap paradigma berpikir mahasiswa stroberi saat ini. Penulis mengangkat tulisan ini berdasarkan hasil temuan dan riset terhadap sebagian besar mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan. Ada beberapa paradigma berpikir yang sering dikatakan oleh mahasiswa “Generasi Stroberi” ini :

1. Janganmi mau cepat selesai, sa masih betah dikampus

Paradigma ini menjadi salah satu hal yang sering kita dengarkan oleh beberapa mahasiswa, sehingga memang paradigma ini menuai pro dan kontra. Bagi mahasiswa yang pro beranggapan bahwa mereka masih ingin santai dikampus tanpa adanya beban sedikitpun, sehingga mengikuti alur perkuliahan sesuai dengan jadwalnya. Sedangkan bagi mahasiswa yang kontra akan paradigma ini menganggap bahwa hal ini tidak akan mereka inginkan karena banyak ingin menyelesaikan studi secepatnya untuk melanjutkan masa depan yang lebih cerah.

2. Menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sebagian besar mahasiswa 90% pasti memiliki paradigma seperti ini. Terbukti berdasarkan hasil penglihatan penulis banyak mahasiswa yang menerapkan sistem SKS ini. Mulai dari tugas powerpoint, makalah, laporan praktikum, jurnal, artikel, ataupun tugas lain yang memiliki deadline H-1 pengumpulan tugas.

3. Untuk apa kuliah, kalau ujung-ujungnya lari ditambang/menganggur

Inilah yang menjadi pemahaman yang salah bagi mahasiswa,padahal dengan kita berkuliah, diri kita akan memiliki nilai jual ketimbang orang-orang yang tidak bersekolah/berkuliah. Karena sepatutnya dengan bersekolah setinggi mungkin kita bisa menjadikan diri kita melangkah lebih jauh untuk meraih masa depan.

4. Mau kuliah untuk jadi PNS

Sebagian besar mahasiswa tujuan berkuliah pasti ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini termasuk anggapan yang kurang tepat, karena dengan berkuliah kita bukan hanya menjadi PNS saja,tetapi banyak profesi yang bisa kita dapatkan. Misalnya, bisa membuka usaha kecil-kecilan, membangun yayasan/sekolah, bahkan bisa terjun melalui pengabdian kepada masyarakat. Ingat rejeki tergantung doa dan kerja keras.

5. Orang yang sukses adalah orang yang memiliki orang dalam

Memang tidak bisa dipungkiri kekuatan orang dalam (the power of orang dalam) menjadi sarana penting dalam menunjang karir dan pendidikan seseorang. Namun itu semua tidak selalu berlaku dikehidupan sehari-hari, terbukti banyak orang yang sukses dimulai dari nol sejak dibangku perkuliahan. Jika paradigma ini terus dikonsumsi oleh mahasiswa sampai kapan mereka akan memiliki pikiran yang maju?tentunya jalan satu-satunya adalah mahasiswa harus berpikir rasional dan mampu membaca situasi dan kondisi lapangan pekerjaan yang ada.

Penulis: Muh Iqbal Ramadhan
Editor: Redaksi

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *