Objektif.id
Beranda INTERPRETASI Opini Polemik Muka Putih dan Leher Hitam

Polemik Muka Putih dan Leher Hitam

Objektif.id – Perguruan tinggi adalah wadah atau tempat seseorang menempuh pendidikan untuk mendapatkan ijazah, tidak dapat dipungkiri label kampus ternama akan banyak diminati oleh para mahasiswa saat ini. Faktor utamanya adalah mengenai peluang kerja dari program studi yang diinginkan.

Mahasiswa sering disebut “Agen Of Chainge” artinya artinya agen pembawa perubahan, katanya. Dari stigma ini tentunya menjadi beban berat bagi kalangan mahasiswa yang tentunya harus menjadi suri teladan bagi dirinya, keluarga, masyarakat, terutama bangsa dan negara.

Kali ini kita akan membahas perihal Muka Putih dan Leher Hitam. Tentunya jika kita mendengar ungkapan tersebut pasti dalam pikiran kita terlintas tentang kecantikan/ketampanan, skin care, perawatan, dan istilah glowing lainnya. Tentunya penulis bukan membahas konteks itu, canda ji.

Istilah Muka Putih dan Leher Hitam ini mencerminkan tentang sistem pendidikan kita saat ini. Penulis mengibaratkan Muka Putih sebagai sistem pendidikan yang bermakna positif yaitu suci dan terjauh dari bentuk korupsi dan intervensi. Menurut pandangan penulis istilah Muka Putih ini mewakili gambaran pendidikan yang terjadi saat ini. Sebab berbicara tentang era pendidikan saat ini penulis mengakui ditunggangi oleh orang yang tepat, mulai dari menterinya dan jajarannya, sehingga sampa saat ini pendidikan berjalan stabil.

Sedangkan istilah Leher Hitam ini bermakna negatif yaitu kebijakan pendidikan yang kurang tepat saat ini. Ini mencerminkan kecelakaan berpikir dari kebijakan pendidikan saat ini. Dapat kita lihat banyak kebijakan dikampus saat ini yang kurang tepat, contohnya program kampus merdeka, seakan program ini yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Terbukti didalam dunia kampus mahasiswa kebanyakan diberikan tugas makalah dan tidak diberikan kebebasan berekspresi.

Sebenarnya didalam kampus kita diberikan teori dan dibarengi dengan tindakan nyata atau praktek lapangan langsung, karena saat kita dihadapkan dengan dunia kerja teori saja tidak cukup untuk menghidupi keluarga tanpa adanya tindakan nyata.

Selain itu, ada kebijakan yang akan dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu dihilangkannya seleksi CPNS diganti dengan PPPK (Guru Kontrak).

Memang tujuannya memberikan kesempatan bagi guru honor agar mendapatkan posisi yang lebih layak, tetapi bagaimana nasib kami sebagai mahasiswa yang belum memiliki riwayat mengajar disekolah.

Maka dari itu, mulai sekarang mari kita pikirkan masa depan pendidikan apabila kebijakan tidak tepat, apalagi kita sebagai mahasiswa.

Penulis: Muh Iqbal Ramadhan
Editor: Redaksi

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *