Objektif.id
Beranda BERITA Civitas Memperingati Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN IAIN Kendari Gelar Lomba Keagamaan

Memperingati Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN IAIN Kendari Gelar Lomba Keagamaan

Ketgam: Foto bersama setelah kegiatan lomba keagamaan di desa Watu Mantade.

Bombana, Objektif.id – Dalam rangka memeriahkan 1 Muharram 1445 Hijriah, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari posko 114 Desa Watu Mantade, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, menyelenggarakan kegiatan lomba keagamaan pada tanggal 21-22 Juli 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan di masjid Desa Watu Mantade dengan beberapa jenis lomba diantaranya ialah lomba adzan, hafalan surah pendek, doa harian dan kultum, yang diikuti oleh anak-anak dari jenjang SD dan SMP.

Koordinator Desa (Kordes) Watu Mantade, Abd. Haris Miskiana mengatakan tujuan diadakannya lomba tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dan memberikan wawasan tambahan dari aspek keagamaan kepada anak-anak yang ada di desa ini.

“Jadi tujuan saya dan kawan-kawan KKN mengadakan perlombaan untuk anak-anak secara non fisik yaitu yang pertama untuk menjalin silaturahmi dengan anak-anak, tujuan yang kedua memberikan wawasan yang lebih luas kepada adik-adik dari apa yang kami ketahui seperti surah-surah pendek ataupun doa-doa yang belum mereka ketahui dan tujuan yang terakhir yaitu semoga hadiah yang kami berikan dapat menjadi kenang-kenangan untuk adik-adik dari kami mahasiswa KKN,” jelasnya.

Di samping itu, Sekretaris desa Watu Mantade, Husen Efendi mengapresiasi hal tersebut dengan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi anak-anak desa Watu Mantade dan mengembangkan potensi mereka pada bidang keagamaan.

“Jujur kegiatan ini sangat bagus, mengingat anak-anak generasi di desa Watu Mentade jarang mengikut lomba seperti yg diadakan teman-teman KKN IAIN, sembari juga memotivasi anak-anak sejak dini untuk bisa meningkatkan potensi dirinya khususnya dalam kegiatan keagamaan yang tadinya mungkin sebagian besar anak-anak tadi belum tau beberapa doa-doa pendek kesehariannya jadi lebih tau, mereka juga saya liat senang dan antusias,” ungkapnya.

Salah satu peserta lomba, Muh. Sultan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak manfaat dan pembelajaran setelah mengikuti kegiatan ini.

“Perlombaannya sangat bagus dan saya mendapatkan begitu banyak pembelajaran dan manfaatnya,” pungkasnya.

Reporter : Rina
Editor: Slamet Riadai

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *