Objektif.id
Beranda BERITA Kabara Sultra Badko HMI Sultra Komitmen Membangun Kader Pemimpin

Badko HMI Sultra Komitmen Membangun Kader Pemimpin

Foto bersama usai Opening Ceremony Advance Training LK III Badko Sultra, Foto: Istimewa

Kendari, Objektif.id – Pemuda adalah ujung tombak suatu bangsa. Pemuda adalah tongkat estafet kepemimpinan masa depan bangsa. Kalimat tersebut nilai sepadan apa bila dialamatkan pada kerja-kerja yang dilakukan oleh Pengurus Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulawesi Tenggara.

Tak kurang dari 20 peserta dengan perwakilan 11 Badko HMI se Indonesia yang mewakili provinsi masing-masing mampu didatangkan pada kegiatan Latihan Kader III Tingkat Nasional Tahun 2023. “Kita ingin minat perkaderan Sultra itu meningkat,” kata Ketua Badko HMI Sultra Irfan Karim saat ditemui disalah satu hotel di Kendari, Sabtu (20/8/23).

Didalam tradisi HMI Latihan Kader III atau yang sering dikenal Advence Training merupakan proses kaderisasi formal yang terakhir. Setelah melalu Latihan Kader II (Intermediate Training) dan Latihan Kader I (Basic Training).

Kegiatan yang akan berlangsung sampai 28 Agustus 2023 ini, pemuda asal Kabupaten Konawe Utara itu menginginkan para peserta menjadi pribadi yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan negara.

Kompleksnya dinamika keorganisasian di HMI tentunya dibutuhkan kader-kader yang secara kepemimpinan telah matang. Sehingga mempu memberikan solusi atas setiap problematika keumatan dan kebangsaan.

“Para peserta ini adalah cikal bakal pelanjut dari pada kepengurusan PB HMI,” imbuhnya.

Pentingnya Suport KAHMI

Presiden Jokowi mengklaim HMI sebagai organisasi kemahasiswaan Islam terbesar dan tertua di Indonesia. Tertunya telah memiliki puluhan atau bahkan ratusan ribu alumni yang tersebar dengan berbagai macam profesi.

KAHMI yang merupakan organisasi kekeluargaan alumni HMI dianggap paling memiliki peran sentral dalam mensuport ekosistem proses kaderisasi di HMI.

Salah satu Presidium MW KAHMI Sultra Abdurahman Saleh menilai Latihan Kader III merupakan bentuk kontribisi HMI kepada negeri dengan melahirkan kader pemimpin yang mampu terjun ke masyarakat secara nyata sesuai dengan cita-cita bangsa.

Ia optimis para peserta yang mengikuti kegiatan Latihan Lader III tersebut kedepannya akan menjadi generasi berkualitas penerus estafet kepemimpinan bangsa.

“Saya kira ini adalah bagian dari persiapan untuk memajukan HMI agar lebih baik. Dan yang ikut juga bisa lebih konpetitif,” tandasnya.

Repoerter : Zul

Editor : Tim Redaksi

Tim Redaksi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *