Objektif.id
Beranda Sempatkan Tips & Trik 5 Tips Menghemat Air Pada Saat Musim Panas

5 Tips Menghemat Air Pada Saat Musim Panas

Ketgam: Ilustrasi menghemat air dengan selalu menutup keran usai digunakan. Foto: Redaksi/Objektif.id

Objektif.id – Datangnya musim panas membuat sebagian masyarakat merasa kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya, karena kurangnya stok air di musim panas membuat banyak masyarakat mengeluh mengenai hal tersebut. Pastinya setiap individu perlu banget dong adanya air.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut tidak perlu terburu-buru membeli peralatan baru, coba lakukan dulu tips sederhana ini, supaya bisa menghemat air kamu dengan baik.

1. Kurangi Mandi yang Cukup Lama

Siapa nih kalau mandi lama banget, merasakan kenikmatan guyuran air di gayung memang enak tapi jangan berlebihan. Cobalah kurangi durasi mandi kamu, supaya airnya tidak cepat habis dengan menghemat kamu bisa menggunakan air tersebut dengan hal yang lain.

2. Matikan Keran Saat Tidak Terpakai 

Tips selanjutnya adalah matikan keran saat tidak terpakai. Nah, untuk kamu yang suka lupa matiin keran sebaiknya kurangi deh kebiasaan itu karena hal tersebut dapat mengurangi air kamu, jadi hentikan air kamu kalau sudah tidak terpakai.

3. Simpan Air untuk Melakukan Hal-Hal yang lain

Tips yang ini bagus kamu lakukan supaya tidak kesulitan dalam mencari air apabila kamu lagi kehabisan air, kamu bisa menyimpannya di tempat-tempat wadah seperti baskom, ember dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menampung air hujan yang banyak dengan memakai tempat air yang besar (tong).

4. Pakailah Air Secukupnya Ketika Memasak 

Nah, teman-teman yang suka masak jangan sampe air kamu habis hanya gara-gara untuk memasak. Cobalah gunakan air secukupnya pada saat  memasak, dan apabila sedang merebus sesuatu jangan lupa tutup panci kamu supaya cepat masak, selain cepat masak ini juga bisa membantu kamu dalam penghematan air.

5. Siram tanaman di Waktu yang Tepat 

Teruntuk pencinta bunga, sering-sering merhatiin bunga kamu. Cobalah biasakan siram bunga tepat waktu sehingga tidak mudah layu ataupun kering. Hal tersebut bisa membuat bunga kamu tahan lama. Saat melakukan penyiraman usahakan fokus ke akar tanaman, lakukan hal ini berulang agar semua akar bunga bisa kena air secukupnya.

Inilah 5 tips menghemat air saat musim panas semoga kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Novasari

Editor: Melvi Widya

Novasari

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *